Kisah Inspiratif: Raffi Ahmad, Sultan Andara yang Multitalenta

Kisah Inspiratif Raffi Ahmad, Sultan Andara yang Multitalenta

Anda pasti pernah mendengar nama Raffi Ahmad. Sebab, sosoknya sering tampil di layar televisi sebagai presenter di berbagai acara. Selain itu, dia juga berprofesi sebagai pengusaha, penyanyi, dan produser. Saat ini, ia dikenal dengan julukan Sultan Andara. Kisah inspiratif Raffi Ahmad akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Raffi Ahmad lahir di Bandung dan merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Pria ini merupakan keturunan Pakistan dan Bandung. Sama seperti Raffi Ahmad, kedua adik perempuannya juga aktif di dunia entertainment. Kedua adiknya bernama Syahnaz Sadiqah dan Nisya Ahmad.

Dia menghabiskan masa sekolahnya di Kota Bandung dan Jakarta. Setelah lulus SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka.

Ingin tahu bagaimana perjalanan hidup Raffi Ahmad dalam merintis karir hingga dijuluki sebagai Sultan Andara? Mari simak kisahnya dalam artikel berikut.

Bekerja dari Usia 13 Tahun dan Pernah Dibayar Nasi Kotak

Raffi Ahmad mulai merintis karir dalam dunia acting sejak duduk di bangku SMP. Sejak berusia 13 tahun, dia sudah memulai karirnya dengan syuting FTV, sinetron, dan layar lebar. Honor pertamanya dimulai dari ratusan ribu rupiah dan nasi kotak.

Awalnya, dia syuting sebagai pemeran pendukung dengan nama Joe di sinetron yang berjudul Tunjuk Satu Bintang. Namanya mulai dikenal ketika dia bermain dalam sinetron Olivia yang pernah tayang pada tahun 2006. Setelah itu, dia mulai dipercaya untuk mengambil peran utama dalam sinetron. Dia juga pernah mendapatkan peran utama di salah satu serial televisi yang ditayangkan di Trans TV.

Setelah itu, setelah namanya dikenal, sosoknya sering muncul dalam sinetron, FTV, dan layar lebar. Dia juga muncul dalam film lebar yang berjudul Love is Cinta bersama Irwansyah dan Acha Septriasa. Dia juga pernah bermain di film Me vs High Heels bersama Ayushita.

Selain itu, Raffi Ahmad juga pernah menjadi sutradara dalam pembuatan film pendek yang berjudul Barbie. Film ini mendapatkan penghargaan di LA Lights Indie Movie 2011.

Baca kisah serupa:

Merambah ke Dunia Tarik Suara Bersama Grup Vokal BBB

Pada tahun 2006, dia mulai terjun ke dunia tarik suara dan bergabung dengan grup vokal Bukan Bintang Biasa (BBB) yang dibentuk oleh Melly Goeslaw. Selain Raffi Ahmad, anggota lain yang bergabung dengan BBB adalah Laudya Cynthia Bella, Chelsea Olivia, Ayushita, dan Dimas Beck. 

Grup ini merilis lagu dengan judul Let’s Dance Together dan Bukan Bintang Biasa. Kedua lagu ini disambut dengan baik oleh masyarakat bahkan cukup populer saat itu. Selain merilis lagu, grup BBB juga mendapatkan kesempatan untuk bermain di film Bukan Bintang Biasa The Movie.

Raffi Ahmad tidak hanya merilis lagu bersama grup vokalnya saja. Pada tahun 2015, Raffi Ahmad merilis album baru yang dibuat dengan berkolaborasi bersama istrinya. Albumnya hanya dijual di gerai-gerai KFC. 

Membawakan Program Musik Dahsyat dan Merilis Album

Pada tahun 2008, Raffi Ahmad mulai mengambil pekerjaan sebagai presenter. Namanya semakin dikenal setelah dia membawakan acara musik Dahsyat sebagai pembawa acara bersama Olga Syahputra dan Luna Maya. Setelah itu, dia mulai membawakan acara-acara lain seperti OMG, 3 Dekade, Rafi Wkwkwk, dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini, Raffi Ahmad masih sering tampil sebagai pembawa acara di televisi sambil menggeluti bisnis di berbagai bidang. Selama menekuni karirnya sebagai aktor dan pembawa acara, dia telah membawa pulang banyak penghargaan.

Mendapatkan Banyak Penghargaan

Raffi Ahmad telah mengantongi banyak penghargaan selama berkarir di dunia entertainment. Dia mendapatkan banyak penghargaan, seperti Aktor Ngetop dari SCTV, Best Movie Bikin Film Bareng Artis (Barbie), dan Presenter Musik & Variety Show Terfavorit dari Panasonic Gobel Awards.

Selain itu, dia juga mendapatkan penghargaan sebagai Artis Inspirasi Intens, Presenter Talkshow Hiburan Terfavorit, Celebrity of the Decade, Presenter Program Hiburan Terfavorit, The Iconic Celebrity 2014, dan Presenter Paling Seru.

Bertemu Cinta Melangsungkan Pernikahan Megah

Pada tahun 2014, Raffi Ahmad menikah dengan Nagita Slavina yang merupakan teman masa kecilnya. Bahkan, sebelum menikah, keduanya sempat terlibat dalam proyek yang sama, yaitu dalam FTV yang berjudul Tikus dan Kucing Mencari Cinta yang tayang pada tahun 2006. Nagita Slavina adalah aktris terkenal asal Indonesia yang lebih sering dipanggil dengan nama sapaan Gigi. 

Pernikahan mereka saat itu menarik perhatian publik karena ditayangkan di televisi selama dua hari berturut-turut. Saat ini, mereka telah dikaruniai dua orang putra yang bernama Rafathar Malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad yang dikenal dengan nama sapaan Cipung.

Baca juga: 15 Kata-Kata Tere Liye yang Menarik dan Penuh Makna

Sultan Andara dengan 10 Ribu Karyawan

Raffi Ahmad dikenal sebagai pribadi yang pekerja keras dan berani mencoba hal baru. Selain bekerja dalam dunia entertainment, Raffi Ahmad juga merambah ke dunia bisnis. Bisnis yang ditekuninya bergerak di bidang fashion, kuliner, kecantikan, properti, dan sebagainya. 

Selain itu, dia juga mendirikan RANS Entertainment dan RANS Nusantara FC. RANS Entertainment membentuk channel Youtube dengan nama yang sama dan telah memiliki lebih dari 20 juta pengikut. RANS Entertainment telah berhasil menjalin kerja sama dengan stasiun TV dan pernah mengadakan acara olahraga. 

Tidak hanya itu, RANS Entertainment juga memperoleh rekor atas pencapaiannya sebagai Siaran Langsung Acara Keluarga Melalui Youtube dan Facebook Terlama serta Siaran Langsung Acara Keluarga dengan Penonton Terbanyak. RANS Entertainment mendapatkan kedua pencapaian ini dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Dua pencapaian ini diraihnya setelah melakukan live streaming selama tiga puluh jam.

Saat melakukan live streaming, Raffi Ahmad melakukan berbagai aktivitas seperti mengadakan penampilan musik, kuis, dan berbincang-bincang. Ari Lasso dan Dewa Andra menjadi pengisi acara tersebut. Raffi Ahmad mengatakan bahwa melakukan live streaming ini dengan tujuan untuk membantu UMKM yang terkena dampak dari wabah Covid-19.

Selain bisnis di bidang media, pada tahun 2021, Raffi Ahmad membeli sebuah klub bola yang diberi nama RANS Nusantara FC. Klub bola ini sudah bermain di Liga 1 Indonesia.

Karena memiliki banyak bisnis dan dikenal sebagai orang yang kaya, ia mendapatkan julukan Sultan Andara dari warganet. Semua yang telah Raffi Ahmad miliki saat ini diperolehnya dari hasil kerja kerasnya. Saat ini, bisnis yang dimilikinya telah mengalami kemajuan yang pesat dan telah memiliki banyak karyawan.

Itulah kisah inspiratif Raffi Ahmad dari memulai karir sebagai pemain pendukung di sinetron hingga namanya dikenal dalam dunia entertainment dan bisnis. Dia menyatakan bahwa kunci keberhasilannya adalah keinginan untuk terus belajar dan mau mencari peluang dalam menjalani karir.

Anda bisa menulis komentar di kolom yang tersedia apabila memiliki pertanyaan maupun opini yang ingin disampaikan. Untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, silahkan klik tombol share.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top