Kisah Inspiratif: Megawati Hangestri, dari Voli ke Korea

Kisah Inspiratif Megawati Hangestri, dari Voli ke Korea

Belakangan ini, nama Megawati semakin dikenal oleh banyak orang karena bergabung dengan Red Sparks di V-League. Bahkan, menjelang akhir tahun 2023, namanya sempat viral di media sosial. Jika Anda mengikuti perkembangan olahraga voli, Anda pasti sudah tidak asing dengan nama Megawati Hangestri. Melalui artikel ini, kami akan membahas kisah inspiratif Megawati Hangestri dalam menekuni olahraga voli.

Megawati senang dengan pilihannya untuk bermain di V-League dan tidak pernah menyesalinya keputusan tersebut. Setelah bergabung dengan tim Korea Selatan, namanya tidak hanya diliput oleh media Indonesia, melainkan juga media-media di Korea Selatan.

Ingin tahu bagaimana perjalanan karir Megawati Hangestri dari awal menekuni olahraga voli sampai bergabung dengan tim Korea Selatan? Simak kisahnya dalam kisah inspirtaif Megawati Hangestri berikut ini.

Profil Megawati Hangestri

Nama lengkapnya adalah Megawati Hangestri Putri. Dia lahir di Jember Jawa Timur pada tahun 1999. Dia sempat menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Jember.

Meskipun berhasil menekuni olahraga voli, dia tetap menempuh pendidikan di jurusan Manajemen Universitas Kahuripan Kediri dan lulus pada tahun 2020. Dia menempuh pendidikan ini selama tiga tahun.

Selain gemar bermain voli, dia juga gemar memasak dan menonton film. Memasak adalah cara terbaiknya untuk beristirahat setelah berlatih dan berkompetisi. Dia dikenal sebagai pribadi yang periang, pendiam, dan tidak temperamen.

Perjalanan Karir Megawati di Olahraga Voli

Megawati telah menekuni olahraga voli sejak kecil, tepatnya sejak dia berumur 14 tahun. Meski sekarang suka olahraga voli, siapa yang menyangka sebenarnya dulu Megawati lebih suka sepak bola daripada voli. Namun, kakaknya merasa dia kurang cocok bermain sepak bola sehingga mengarahkannya untuk bermain voli saja.

Ayahnya juga mendukungnya bermain voli. Karena, menurut ayahnya, Megawati memiliki postur badan yang tinggi sehingga lebih cocok menjadi atlet voli. Dia memiliki postur tubuh yang ideal untuk menjadi seorang atlet. Karena sering berlatih dan mendapat dukungan dari keluarganya, akhirnya Megawati jadi tertarik dengan olahraga voli.

Dia mengawali karir volinya dengan bergabung dengan klub kecil dan mengikuti banyak kejuaraan di tingkat daerah. Megawati juga sempat bergabung dalam berbagai klub bola voli. Dia pernah bergabung dengan tim voli pelajar di SMA Negeri 1 Jember. Kemudian, dia bergabung dengan tim Surabaya Bank Jatim.

Baca juga: Kisah Inspiratif: Pratama Arhan, Berawal dari Sepatu 25 Ribu

Setelah itu, dia berhasil masuk ke level Proliga. Dia juga sempat bergabung dengan tim Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta BNI 46, dan Bandung BJB Tandamata. Pada tahun 2017, dia menjadi salah satu pemain timnas voli Indonesia dan pemain andalan dalam ajang Pesta Olahraga Asia. 

Selanjutnya, dia masuk ke tim bola voli Thailand pada tahun 2021 dan Vietnam pada tahun 2022. Dia bergabung dengan kedua tim tersebut masing-masing selama satu bulan. Kemudian, dia kembali ke Jakarta Pertamina Fastron pada awal tahun 2023 sampai akhirnya direkrut ke tim Red Sparks, Korea Selatan pada pertengahan tahun 2023. Dia dikontrak selama satu tahun.

Pada April 2024, dia dikontrak oleh Jakarta BIN dengan posisi opposite untuk mengikuti kompetisi Proliga 2024. Jakarta BIN merupakan tim bola voli milik Badan Intelijen Negara Indonesia dan berbasis di Jakarta. Tim ini pernah menjuarai Kejuaraan Nasional Bola Voli Antarklub pada tahun 2023. 

Dia pernah berkata bahwa menekuni karir di olahraga voli tidak hanya melelahkan, namun juga bisa menimbulkan cedera dan membuatnya jauh dari keluarga. Sewaktu rindu dengan keluarganya, Megawati berkata bahwa dia bisa menghubungi mereka melalui video call. Hal inilah yang membuatnya tidak terlalu sedih. Apalagi, orang tuanya sangat mendukung keputusannya.

Menurutnya, olahraga voli membuatnya lebih cepat menjadi orang dewasa. Sebab, karirnya di olahraga voli mengharuskannya bertemu dengan senior-senior.

Megawati Direkrut Tim Korea

Debutnya pada Oktober 2023 di Korea Selatan mendapat perhatian dari banyak media. Sebab, dia menjadi Most Valuable Player (MVP) sebanyak dua kali berturut-turut dalam Liga Korea Selatan. Dia memperoleh gelar sebagai MVP sejak bermain di pertandingan melawan tim Hwangseong IBK Altos. 

Walaupun timnya tidak menang, namun dia tetap menjadi MVP dengan meraih skor sebanyak 21. Alasan dia bergabung dengan tim Red Sparks Korea Selatan adalah karena dia terinspirasi dari Shin Tae-yong yang menjadi pelatih tim sepak bola Indonesia.

Menurut Megawati, perjalanan menjadi MVP Red Sparks tidaklah mudah. Sebab, dia harus beradaptasi dengan lingkungan dan tim yang baru. Selain itu, selama di Korea Selatan, dia juga harus mengikuti latihan yang berat, intens, dan melelahkan. 

Di V-League 2023-2024, dia menjadi salah satu pencetak poin terbanyak, yaitu sebanyak 797 poin. Megawati dan rekan teman setimnya berhasil masuk ke babak play-off Liga Korea. Sewaktu bertanding dengan Pink Spider, timnya berhasil menang berkat pukulan smash-nya yang keras. Dia dan rekan setimnya berhasil membawa Red Sparks menjadi urutan ketiga di akhir musim kompetisi.

Baca kisah serupa:

Menjadi Pemain Voli di Liga Korea dan Dijuluki Megatron

Dengan fisiknya yang cukup kuat, dia dapat bermain di beberapa posisi termasuk opposite, open spiker, dan outside hitter. Selain itu, dia juga memiliki kelebihan pada smash yang kuat, keras, dan sulit ditangani oleh lawan mainnya. Karena itu, dia mendapat julukan Megatron dari para penggemar olahraga voli.

Di Korea, dia juga mendapat julukan Indonesia Spike. Namun, Megatron tetap menjadi julukan favoritnya. Dia mendapat julukan Megatron karena warganet melihatnya mirip seperti mesin pencetak poin. Setelah menjadi bagian dari tim Red Sparks, dia mendapatkan banyak apresiasi dari warga Indonesia dan Korea Selatan.

Prestasi Megawati Hangestri dalam Olahraga Voli

Setiap kali bertanding, Megawati dapat mengendalikan emosi dengan baik, memiliki power dan kecepatan, serta lincah. Maka, tidak heran Megawati meraih banyak prestasi di tingkat nasional dan internasional selama menekuni olahraga voli. Prestasi terbaru yang diraihnya adalah menjadi MVP dalam Liga Voli Korea Selatan, mendapatkan medali perunggu dalam SEA GAMES 2023, serta menjadi Best Opposite Spiker di Asian Challenge Cup 2023.

Selain itu, dia menjadi juara kedua dalam Porseni Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dia juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Server di ASEAN Grand Prix 2019, MVP Livoli Divisi Utama 2022, dan Best Opposite ASEAN Grand Prix 2022. Penghargaan lainnya yang dia terima adalah Best Scorer Asian Qualification Summer Olympics dan Best Server Proliga, serta mendapatkan medali emas pada SEA Games 2019.

Demikian kisah inspiratif Megawati Hangestri, atlet bola voli wanita yang berhasil masuk ke tim Korea Selatan. Bergabungnya Megawati ke dalam tim Korea Selatan mempromosikan kepada negara lain bahwa Indonesia juga memiliki atlet-atlet yang berkualitas. Kini, dia kembali bergabung dengan tim Indonesia, yaitu Jakarta BIN.

Apabila Anda merasa kisah ini menarik, silahkan klik tombol share untuk membagikannya kepada teman Anda. Jika ada pertanyaan maupun opini yang ingin Anda sampaikan, silahkan tulis komentar di kolom yang tersedia.

1 komentar untuk “Kisah Inspiratif: Megawati Hangestri, dari Voli ke Korea”

  1. Pingback: Kisah Inspiratif: Susi Susanti, Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top