Kisah Inspiratif: Atta Halilintar, King of YouTube Indonesia

Kisah Inspiratif Atta Halilintar, King of YouTube Indonesia

Artikel kali ini akan mengangkat kisah inspiratif Atta Halilintar, content creator yang terkenal di Indonesia. Kanal YouTube-nya memiliki jutaan pengikut dan videonya telah ditonton oleh banyak orang. Youtuber yang diajarkan untuk bekerja keras sejak kecil ini memiliki jargon yang terkenal, yaitu Ashiapppp. Pernahkah Anda mendengar jargon ini?

Sebelum menjadi youtuber terkenal seperti sekarang, Atta Halilintar bekerja sebagai penjual sandwich, roti, dan mainan anak-anak.

Saat ini, dia aktif di dunia entertainment dan bisnis. Penasaran bagaimana kisah hidup Atta Halilintar? Berikut ini adalah kisah perjalanan Atta Halilintar dari berjualan makanan dan mainan sampai menjadi content creator yang terkenal di Indonesia.

Profil Atta Halilintar

Atta Halilintar lahir di Riau pada tahun 1994. Nama lengkapnya adalah Muhammad Attamimi Halilintar. Dia merupakan anak sulung dari sebelas bersaudara. Keluarganya dikenal dengan sebutan Gen Halilintar.

Dia berasal dari keluarga yang sederhana. Orang tuanya bernama Anofial Asmid Halilintar dan Lenggogeni Faruk. Dia dan keluarganya pernah menetap di Malaysia.

Dia tidak pernah menempuh pendidikan di universitas. Selain berprofesi sebagai content creator dan Youtuber, dia juga berprofesi sebagai pengusaha. Atta merupakan pribadi yang rajin dan suka memberi. Dia suka memberi kepada orang tuanya.

Dia telah menikah dengan Titania Aurelie Nur Hermansyah pada tahun 2021 dan telah dikaruniai seorang anak perempuan. Istrinya lebih dikenal dengan nama Aurel Hermansyah. Aurel Hermansyah adalah anak Anang Hermansyah yang berprofesi sebagai penyanyi dan aktris di Indonesia. Pernikahan mereka sempat ditayangkan secara live oleh MNCTV dan RCTI.

Pernah Berjualan Makanan saat Duduk di Bangku Sekolah Dasar

Dulunya, ekonomi keluarga Gen Halilintar tidak seperti sekarang. Mereka pernah menghadapi keadaaan ekonomi yang buruk. Usaha yang dijalankan oleh orang tuanya pernah mengalami kesulitan. Dalam suatu acara yang ditayangkan di televisi, Atta bercerita bahwa dia pernah makan satu telur untuk sebelas orang.

Untuk membantu ekonomi keluarga, Atta berjualan saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Dia merasa perlu membantu keluarga karena dia adalah anak sulung. Jadi, dia sudah belajar bisnis dari kecil. 

Atta pernah berjualan mainan anak-anak, roti, dan sandwich di sekolah. Uang yang dia dapatkan dari penjualannya akan dijadikan modal untuk membeli mainan dari Indonesia. Kemudian, dia akan menjualnya lagi di Malaysia.

Saat masih berusia 11 tahun, Atta juga pernah berjualan kartu perdana atau sim-card di terminal. Sementara itu, keluarganya mencari uang dengan menawarkan jasa pemasangan internet. Mereka juga pernah bekerja sebagai kurir. 

Kemudian, karena biaya hidup di Malaysia termasuk mahal, dia dan keluarganya akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Mereka pulang ke Indonesia dengan tiket pesawat yang paling murah. Di Indonesia, orang tua Atta membuka usaha fashion. Bersama adiknya yang bernama Sohwa, Atta membantu orang tuanya menjaga stand jualannya.

Baca kisah serupa:

Sukses Membuka Bisnis Konter HP dan Kendaraan Bekas

Selain itu, setelah usaha fashion-nya sukses, mereka membuka bisnis yang lain. Mereka pernah berjualan handphone dan kendaraan bekas. Atta menjual dan memasarkan handphone melalui forum online dan blog. Dia menekuni bisnis ini sampai memiliki kios konter sendiri di Lebak Bulus. Usaha ini mampu menghasilkan omset hingga 1 miliar rupiah. 

Mulai Dikenal Publik Melalui Buku Kesebelasan Gen Halilintar

Nama Atta Halilintar dan keluarganya mulai dikenal oleh publik melalui buku yang ditulis oleh ibunya. Ibunya menulis buku yang mengisahkan tentang perjalanan mereka sewaktu keliling dunia. Judul bukunya adalah Gen Halilintar: My Family My Team. 

Sewaktu ikut orang tuanya keliling dunia sambil berbisnis, Atta masih berumur 6 tahun. Karena buku ini, keluarga Gen Halilintar mulai dikenal luas oleh masyarakat.

Terkenal dengan Konten Hiburan dan Jargon Ashiapppp

Setelah namanya dikenal publik, Atta dan keluarganya melihat adanya peluang. Sehingga, mereka membuat kanal Youtube. Setiap anggota keluarga memiliki kanal Youtube-nya masing-masing. Melalui Youtube, mereka membagikan konten-konten yang menarik dengan gaya yang santai dan ceria. Salah satu konten yang dibuat oleh Atta, yaitu review squishy.

Di setiap videonya, Atta sering mengucapkan jargonnya, yaitu Ashiapppp! Banyak orang senang meniru dan mengucapkan jargonnya. Dia menghasilkan banyak konten dari rumah produksi miliknya yang bernama AHHA Production. Selain membuat konten-konten hiburan dan humor, dia juga membuat vlog perjalanan. 

Karena konten-kontennya menarik, akhirnya jumlah subscriber-nya terus bertambah secara signifikan. Saat ini, kanal Youtube-nya telah di-subscribe oleh jutaan pengikut.

Baca juga: Fahruddin Faiz Quotes: 14 Kutipan Inspiratif Penuh Makna

Raja YouTuber dan Memiliki Penghasilan Miliaran Rupiah

Karena tekun membuat konten di Youtube sejak tahun 2010, akhirnya dia memiliki jumlah subscriber terbanyak di Asia Tenggara. Dia telah mengunggah ribuan video di kanal Youtube-nya. Kemudian, dia mendapatkan julukan sebagai King of Youtube. Dia juga meraih penghargaan sebagai Content Creator Favorit di acara Indonesia Award 2023. 

Selain membuat konten, dia juga terjun ke dunia bisnis mulai dari usaha fashion hingga rumah produksi. Dia mendirikan usaha kuliner rumah makan Minang yang diberi nama Padang Petir dan usaha fashion yang diberi nama Atta Halilintar Habit (AHHA). Usaha fashion-nya menjual masker, bandana, hoodie, topi, dan kaos dengan gaya casual.

Di bidang kuliner, Atta juga membuka usaha jajanan milenial yang diberi nama sesuai jargonnya, yaitu Ashiaaap! Usaha ini menjual cilok, mie tek-tek, ramen, mie lidi, dan sebagainya. Dia juga mendirikan usaha kuliner di Medan, yaitu Medan Mulaka. Medan Mulaka menjual kue yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari Medan. Kue ini tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti keju, red velvet, cokelat, dan sebagainya.

Atta juga membuka usaha penerbitan dengan nama AHHA Publishing. Sama seperti ibunya, hobi Atta Halilintar adalah menulis. Melalui usaha penerbitannya, dia menulis buku berjudul Draw My Life yang menceritakan tentang kehidupannya. Buku ini dilengkapi dengan quotes darinya.

Selain menjalankan usaha, dia juga bermain film, membawakan acara di televisi, dan model iklan. Dia pernah berperan sebagai pembawa acara dalam acara Wow Banget di televisi. Dia juga memiliki dua buah klub olahraga, satu klub futsal dan satu klub sepak bola.

Karena inspirasinya, Atta mendapatkan prestasi dan penghargaan di tingkat nasional dan internasional. Atta Halilintar terpilih menjadi Forbes 30 Under 30. Dia dianggap telah memberikan dampak terhadap bidang Seni, Hiburan, dan Olahraga. Tidak hanya itu saja, dia juga mendapatkan penghargaan sebagai 10 Digital Content Creators 2021 dan The Alpha Under 40. 

Itulah kisah inspiratif Atta Halilintar. Kita bisa belajar dari semangat dan sifat pantang menyerahnya. Selama hidupnya, orang tuanya selalu mendukungnya dengan mengajarkannya kerja keras.

Adakah pertanyaan, opini, maupun saran yang ingin Anda sampaikan? Anda bisa menyampaikannya di kolom komentar yang tersedia. Anda bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda dengan mengklik tombol share.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top