Kisah Inspiratif: Putri Ariani, Keterbatasan Bukan Halangan

Kisah Inspiratif Putri Ariani, Keterbatasan Bukan Halangan

Putri Ariani merupakan seorang penulis lagu dan penyanyi. Nama Putri Ariani mulai dikenal oleh banyak orang setelah tampil di acara America’s Got Talent pada tahun 2023. Dia merupakan pemenang dari kompetisi Indonesia’s Got Talent 2014. Kisahnya dari awal belajar musik sampai menjadi penyanyi profesional akan dibahas dalam artikel berikut.

Mengenal Sosok Putri Ariani

Putri Ariani memiliki nama lengkap Ariani Nisma Putri. Dia biasa dipanggil dengan nama Putri. Putri lahir di Riau pada tanggal 31 Desember 2005. Dia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Putri mempunyai dua orang adik perempuan. Nama kedua adiknya adalah Vania Larissa dan Devina Elysia.

Orang tuanya bernama Reni Alfianty dan Ismawan Kurnianto. Ayahnya berasal dari Jawa sedangkan ibunya berasal dari Minang. Di keluarga besarnya, Putri merupakan cucu yang pertama.

Dia telah lulus dari SMK Negeri 2 Kasihan. Di sekolah ini, dia mengambil spesialisasi instrumen mayor flute. Kini, Putri sedang mengenyam pendidikan program studi ilmu hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Temukan Kisah Inspiratif Lainnya:

Sejak Lahir Mengalami Retinopati Prematuritas

Saat masih kecil, Putri Ariani divonis mengalami katarak. Lalu, Putri dibawa oleh orang tuanya untuk berobat ke Singapura dan ditemukan bahwa dia mengalami retinopati prematuritas. 

Menjadi Pemenang dalam Kompetisi Indonesia’s Got Talent

Pada tahun 2014, Putri mengikuti kompetisi Indonesia’s Got Talent season kedua. Di babak Result Show, dia membawakan lagu My Heart Will Go On dari Celine Dion. Di babak tersebut, dia berhasil memperoleh voting tertinggi dan keluar menjadi pemenang. Setelah kompetisi selesai, Putri terus aktif berkarya dengan merilis lagu-lagu.

Setelah itu, pada tahun 2017, Putri kembali mengikuti kompetisi. Dia mengikuti The Voice Kids Indonesia namun harus tereliminasi di babak sing-off.

Ketangguhan Membawa Putri Menembus America’s Got Talent

Putri memperoleh undangan langsung untuk mengikuti audisi America’s Got Talent season ke-18. Awalnya, dia diwawancarai secara daring dan diminta untuk mengirimkan beberapa lagu hingga akhirnya terbang ke Amerika Serikat bersama orang tuanya. 

Ketika mengikuti audisi, dia menyanyikan lagu ciptaannya yang berjudul Loneliness sambil bermain piano. Pada tahun 2023, lagu tersebut memperoleh nominasi di Anugerah Musik Indonesia (AMI) untuk kategori Karya Produksi Aransemen Ulang Terbaik. Dia juga membawakan lagu yang berjudul Sorry Seems to be the Hardest Word. 

Video audisinya menjadi viral dan telah ditonton oleh banyak orang. Saat audisi, dia berhasil menunjukkan penampilan yang mengharukan. Bahkan, para penonton sampai meneteskan air mata. Keempat juri juga memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan.

Salah satu juri yang bernama Simon Cowell juga memberikan golden buzzer kepada Putri yang membuatnya bisa lanjut ke babak semifinal. Di babak semifinal, Putri membawakan lagu yang berjudul I Still Haven’t Found What I’m Looking For sambil bermain piano.

Setelah itu, di babak akhir, Putri tampil dengan menyanyikan lagu Don’t Let The Sun Go Down on Me sambil bermain piano. Di episode terakhir America’s Got Talent, Putri menyanyikan lagu yang berjudul Run bersama dengan Leona Lewis.

Dia berhasil meraih posisi keempat dalam kompetisi tersebut. Meskipun tidak keluar sebagai pemenang, Putri tidak menjadi kecil hati. Dia tetap semangat untuk berkarya di bidang musik dan tarik suara.

Diundang Presiden Jokowi Hingga Alan Walker

Putri pernah datang ke istana bersama dengan orang tuanya karena diundang oleh presiden. Dia mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Di istana, dia menyanyikan dua lagu ciptaannya sambil bermain piano.

Selain itu, Putri juga mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan berkolaborasi dengan Alan Walker dan Peder Elias. Pada tanggal 4 Januari 2024, mereka bertiga mengeluarkan lagu yang berjudul Who I Am. Lagunya dapat diakses di semua layanan streaming musik.

Pada Juni 2024 yang lalu, Putri menjadi penampil pembuka untuk konser Alan Walker yang diselenggarakan di Phantom Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara. Putri menyanyikan lagu dari Frankie Valli yang berjudul Can’t Take My Eyes Off You. Sebagai penutup penampilannya, Putri juga menyanyikan lagu Loneliness. Di akhir penampilannya, Putri mengucapkan terima kasih kepada para penontonnya.

Belajar Musik Sejak Kecil Secara Otodidak

Awalnya, Putri dikenalkan dengan musik oleh neneknya yang bernama Asnilawati. Dia belajar musik secara otodidak. Selain pintar bernyanyi, dia juga pandai bermain piano dan menulis lagu. Sejak usianya masih tujuh tahun, dia sudah mulai bernyanyi di atas panggung.

Kemudian, pada tahun 2016, Putri memperoleh penghargaan sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional dalam rangka Anugerah Baiduri. Dia juga meraih juara kedua tingkat nasional literasi FLS2N. 

Pada saat Asian Games 2018, Putri memperoleh kesempatan untuk membawakan lagu Song of Victory sebagai pembukaan acara tersebut. Pada tahun 2023, Putri memperoleh penghargaan khusus World Intellectual Property Organization (WIPO) National Awards-Anugerah Musik Indonesia (AMI) Inspiring Artist.

Loneliness dan Karya-Karya Putri Arian Lainnya

Berikut ini adalah karya-karya Putri Arian di bidang musik dan tarik suara.

  • Pada tahun 2018, Putri Arian membuat karya yang berjudul I Love Mama n Papa dan Untuk Ayah.
  • Pada tahun 2020, Putri membuat karya yang berjudul Melesat dan Perih.
  • Pada tahun 2021, dia juga mengeluarkan karya yang berjudul Kaulah Selalu Ada. Di tahun ini Putri juga menulis lagu dengan judul Loneliness. Dia pernah membawakan lagu tersebut di ajang pencarian bakat America’s Got Talent.
  • Pada tahun 2022, Putri mengeluarkan karya yang berjudul Banyak Makna Cinta, Aku Mau, Tak Mampu Lupa, dan masih banyak lagi. 
  • Pada Maret 2023, Putri melakukan kolaborasi dengan Ronie Udara dan merilis sebuah lagu yang berjudul Kidung Kelana. 
  • Pada tahun 2024, Putri mengeluarkan karya yang berjudul Teruskan Langkah Baikmu.

Dia telah mengeluarkan album perdananya yang berjudul Melihat dengan Hati pada tanggal 16 Oktober 2020.

Tingkatkan Motivasimu: Fahruddin Faiz Quotes: 14 Kutipan Inspiratif Penuh Makna

Berhasil Melanjutkan Pendidikan Tinggi di UGM

Pada tahun 2024, Putri melanjutkan pendidikannya ke UGM. Putri merupakan mahasiswa baru UGM untuk tahun ajaran 2024/2025. Dia masuk ke universitas tersebut lewat jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) untuk cabang Paduan Suara/Seni Suara.

PBUB adalah  jalur seleksi masuk UGM bagi siswa yang menjuarai lomba di bidang olahraga, seni, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Siswa yang mendaftar melalui jalur ini bisa memilih semua prodi di UGM.

Putri memilih untuk belajar di Fakultas Hukum karena dia ingin mempelajari sesuatu yang baru, tidak hanya musik dan bernyanyi. Dia memiliki keinginan belajar hukum untuk menambah wawasan.

Demikian kisah dari Putri Ariani, penyanyi muda yang pernah mengikuti America’s Got Talent. Jika Anda merasa kisahnya menarik, silahkan klik tombol share untuk membagikannya kepada teman-teman Anda. Apakah ada komentar yang mau Anda sampaikan? Silakan tulis komentarnya pada kolom yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top