10 Quotes dari Bob Sadino untuk Anak Muda 

10 quotes bob sadino untuk anak muda

Bambang Mustari Sadino atau Bob Sadino adalah salah satu pengusaha yang terkenal di Indonesia. Dia memiliki cara berpakaian yang khas dan sederhana, yaitu memakai kemeja lengan pendek dan celana pendek bahkan ketika bertemu dengan orang-orang penting. Di artikel ini, kami akan membahas kata-kata motivasi dari Bob Sadino untuk anak muda.

Usaha yang dijalankannya bergerak di bidang peternakan dan pangan. Awalnya, dia mulai dari berjualan telur ayam negeri saja, namun kemudian dia juga mulai berjualan daging dan sayur. Bisnisnya terus berkembang hingga Bob Sadino memiliki beberapa bisnis, yaitu Kemfood, Kem Chicks, Kem Farm, dan The Mansion at Kemang.

Bob Sadino suka berbagi ilmunya. Salah satu yang bisa dipelajari darinya adalah kata-kata motivasinya. Silahkan simak kumpulan kata motivasi Bob Sadino dalam artikel berikut.

Profil Bob Sadino

Bob Sadino lahir tahun 1933 di Tanjung Karang, Hindia Belanda yang kini disebut sebagai Bandar Lampung. Dia merupakan anak terakhir dari lima bersaudara dan berasal dari keluarga dengan ekonomi yang berkecukupan. Ayahnya bekerja sebagai guru dan kepala sekolah. Karena ekonomi keluarganya berkecukupan, dia mendapat pendidikan yang layak dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas.

Dia menempuh pendidikan SD di Yogyakarta, SMP dan SMA di Jakarta. Setelah lulus SMA, dia menempuh pendidikan di fakultas hukum UI, namun dia berhenti kuliah setelah beberapa bulan dan memutuskan untuk bekerja.

Dia pernah bekerja di Unilever selama beberapa tahun sebelum bekerja di luar negeri. Setelah itu, Bob Sadino sempat bekerja di Belanda dan Jerman. Saat tinggal di Belanda, dia bertemu dengan Soelami Soejoed yang belakangan menjadi istrinya.

Setelah membeli dua buah mobil Mercedes, dia membuka usaha sewa mobil di mana dialah sendiri yang menjadi sopirnya. Tetapi, pada suatu hari, dia mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya mengalami kerusakan yang parah.

Karena tidak punya dana untuk memperbaiki mobilnya, akhirnya dia bekerja sebagai kuli bangunan. Lalu, dia memulai karir pengusahanya sebagai pengusaha telur ayam. Ide menjadi pengusaha telur ayam didapatkannya dari temannya. Awalnya, dia menjual telur ayamnya dari pintu ke pintu.

Bisnisnya terus berkembang dan akhirnya ia menjadi pengusaha telur, daging, dan sayur yang sukses. Dialah yang pertama kali memperkenalkan budidaya tanaman dengan sistem hidroponik di Indonesia.

Orang tuanya meninggal ketika dia berusia 19 tahun dan dia mewarisi semua harta kekayaan keluarganya karena saudaranya yang lain telah hidup mapan. Sementara itu, istrinya meninggal pada tahun 2014. Setelah istrinya meninggal, kesehatan Bob Sadino terus merosot dan pada akhirnya dia juga meninggal karena sakit pada tahun 2015 di RS Pondok Indah.

10 Quotes Bob Sadino kepada Anak Muda

Bob Sadino terkenal dengan quotes-nya yang unik dan menarik. Dia pernah menyampaikan kata-kata motivasinya dalam seminar dan buku yang dirilisnya. Berikut ini adalah kata-kata motivasi Bob Sadino untuk anak muda. 

1. Silahkan Cari Kegagalan

Dalam sebuah seminar yang diadakan di Hotel Goodway Batam, Bob Sadino pernah mengatakan “Silahkan cari kegagalan, cari kendala Anda. Saya mengalami banyak kegagalan, kendala, keringat dingin, dan air mata darah. Saya belajar dari kegagalan yang saya alami dan berupaya mencari jalan keluarnya. Kegagalan merupakan anugerah. Sukses merupakan titik kecil di atas segunung kegagalan.”

Jadi, untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya di bidang peternakan dan pangan, ada banyak rintangan yang perlu Bob Sadino lewati. Meskipun harus melewati banyak kegagalan, dia tidak pernah menyerah sehingga bisnisnya dapat berkembang dengan baik.

2. Hilangkan Semua Beban

Salah satu resep untuk menjadi pengusaha menurut Bob Sadino adalah berpikir tanpa beban dan memiliki keinginan yang kuat. Sebab, menurutnya, bekerja dengan beban dan tekanan serta tidak rileks akan membuat hasilnya tidak baik. Hal ini juga perlu dilengkapi dengan keberanian dalam mengambil peluang yang ada.

Dia pernah mengatakan “Lepaskan belenggu dalam pikiran. Ada banyak peluang di sekitar Anda. Santai saja, hilangkan semua beban. Miliki keinginan, komitmen, berani mengambil peluang, selalu belajar, dan tidak mudah menyerah, selalu belajar, dan selalu bersyukur.”

Baca quotes lainnya:

3. Pengusaha Tidak Harus Pintar dalam Semua Hal

Salah satu quote adalah “Pengusaha tidak harus pintar dalam semua hal. Namun, harus lihat mencari orang yang pintar.”

Bob Sadino berpendapat bahwa seorang pengusaha tidak harus pintar dalam segala hal. Namun, pengusaha harus bisa membentuk tim yang terdiri dari orang-orang yang ahli di bidangnya. Dengan didukung oleh potensi yang dimiliki oleh timnya, pengusaha dapat mengembangkan usahanya dengan baik.

4. Menjadi Pengusaha Tidak Perlu Teori

Kata motivasi Bob Sadino lainnya adalah “Menjadi pengusaha tidak perlu teori. Setelah berhasil menjadi pengusaha, Anda bisa membuat teori sendiri.”

Menurutnya, menjadi pengusaha tidak perlu berfokus pada teori. Harus lebih berfokus pada mengambil tindakan dan belajar dari pengalaman.

5. Jaminan Hidup Tenang Bukanlah Satpam dan Tembok yang Kokoh

Bob Sadino pernah berkata “Tembok rumah yang kokoh dan satpam bukanlah kunci ketenangan. Kunci ketenangan adalah kasih, hati yang damai, dan tak ada kebencian.”

6. Jangan Berhenti di Tengah Jalan

Bob Sadino juga pernah mengingatkan “Jangan bekerja setengah-tengah. Kalau sudah memulai usaha, lakukan dengan serius. Jangan berhenti di tengah jalan. Sebab, tenaga, waktu, dan aset yang sudah dikerahkan akan sia-sia.”

Berdasarkan kata-kata ini, Bob Sadino mengingatkan anak muda untuk menyelesaikan usaha yang telah mereka mulai.

7. Bisnis yang Bagus adalah yang Dibuka, Bukan yang Ditanyakan Terus

Pengusaha kawakan ini pernah berkata “Banyak orang bertanya bisnis apa yang bagus. Jawabannya adalah bisnis yang dibuka, bukan yang ditanyakan terus.”

Bob Sadino berpendapat bahwa dalam membuka usaha, penting untuk mengambil tindakan. Sebab, rencana tanpa tindakan akan menjadi sia-sia.

8. Kegagalan Merupakan Bumbu dalam Kehidupan

Bob Sadino pernah menyampaikan kata-kata motivasi yang membahas tentang kegagalan. Salah satunya, yaitu “Kegagalan merupakan bumbu dalam kehidupan kita. Kegagalan bisa membuat kita menjadi orang yang tangguh.”

9. Rumah Mewah Tidak Menjamin Keluarga akan Bahagia

Menurut Bob Sadino, kunci keluarga bahagia bukanlah rumah yang mewah. Baginya, yang menjadi kuncinya adalah saling memaafkan, menghormati, dan mengasihi.

10. Hidup Berfoya-Foya Bukan Jaminan Banyak Sahabat

Bob Sadino mengatakan bahwa “Hidup berfoya-foya tidak menjamin kita akan memiliki banyak sahabat. Kunci memiliki banyak sahabat adalah setia kawan, saling menghargai, dan suka menolong.”

Itulah kata-kata motivasi Bob Sadino untuk anak muda. Manakah kata-kata motivasi Bob Sadino yang paling Anda sukai? Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Apakah ada komentar yang ingin Anda sampaikan setelah membaca artikel ini? Apabila ada, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Supaya semakin banyak orang membaca artikel ini, klik tombol share untuk membagikannya kepada teman-teman Anda.

1 komentar untuk “10 Quotes dari Bob Sadino untuk Anak Muda ”

  1. Pingback: 30 Quotes Pramoedya Ananta Toer, Istimewa dan Penuh Makna

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top