Kisah Inspiratif: Jerome Polin, Pendiri Mantappu Corp

Kisah Inspiratif Jerome Polin, Pendiri Mantappu Corp

Apakah Anda pernah mendengar nama Jerome Polin Sijabat? Karena sering membagikan konten-konten yang menarik di kanal Youtube-nya, namanya semakin dikenal oleh masyarakat. Saat merantau di Jepang, dia sering membuat konten tentang cara belajar Bahasa Jepang, Matematika, dan kesehariannya sebagai mahasiswa Jepang. Ruang Penggerak kali ini akan membahas kisah inspiratif Jerome Polin.

Jerome Polin adalah anak muda yang cerdas dan mempunyai sederet prestasi. Dalam video Youtube-nya, Jerome selalu menggunakan jargon yang unik dan mudah diingat seperti Mantappu Jiwa dan Minnasan Konnijiwa. Untuk mengetahui perjalanan dan pengalaman hidup Jerome, mari simak kisahnya dalam artikel berikut.

Berawal dari Keluarga Sederhana

Sebenarnya, sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, Jerome Polin dilahirkan dari keluarga yang sederhana. Dia bahkan harus mencari beasiswa agar bisa mengenyam pendidikan di sekolah internasional dan di luar negeri.

Dia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Jerome mempunyai seorang kakak dan adik yang bernama Jehian Panangian Sijabat dan Jesse Sijabat. Orang tuanya bernama Marojahan Sijabat dan Chrissie. Kedua orang tuanya selalu mendukung Jerome, Jehian, dan Jesse. Setelah dua tahun menempuh pendidikan di Jepang, Jerome sempat mengajak keluarganya untuk liburan bersama ke Jepang.

Bersekolah di Salah Satu Sekolah Menengah Atas yang Terbaik di Indonesia

Ketika masih SMP, Jerome Polin pernah menjadi 10 besar siswa yang berhasil mendapatkan nilai Ujian Nasional seprovinsi Jawa Timur. Jerome Polin lanjut bersekolah di SMA Negeri 5 Surabaya setelah lulus SMP.

Baca kisah serupa:

Berprestasi dan Sering Memenangkan Lomba

Jerome Polin sudah meraih banyak prestasi. Sewaktu duduk di bangku SMA, dia menjadi juara dalam lomba pelajar prestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Tidak hanya itu saja, dia juga berhasil menjuarai  Olimpiade National Industrial Engineering ITS pada tahun 2016 dan Olimpiade Matematika Vektor Nasional Universitas Negeri Malang. Pada tahun 2015, dia menjadi juara kedua dalam Regional Olimpiade Farmasi Nasional Universitas Airlangga.

Walaupun baru lima bulan belajar Bahasa Jepang, dia berhasil menjadi pemenang 14th Japanese Speech Content Suginami Association. Dia berhasil mengalahkan kontestan dari negara-negara lainnya. Setelah memenangkan lomba pidato tersebut, fotonya dijadikan poster untuk perlombaan pada tahun 2018.

Sempat Tertolak di Universitas Impian Namun Tidak Menyerah

Sejak masih duduk di bangku kelas 2 SD, Jerome Polin sudah memiliki cita-cita untuk kuliah ke luar negeri. Dia memiliki cita-cita tersebut karena sering mendengar teman-teman sekelasnya bercerita tentang liburan mereka ke luar negeri. 

Setelah lulus SMA, dia sering mencari informasi beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Jerome Polin ingin mewujudkan cita-citanya namun terkendala secara biaya. Sehingga, dia memutuskan untuk mengikuti seleksi beasiswa di Nanyang Technology University (NTU). Dia dinyatakan lulus seleksi tersebut namun hanya mendapatkan beasiswa parsial.

Penerima Beasiswa ke Jepang

Setelah gagal meraih beasiswa penuh di Nanyang Technology University, dia mengikuti seleksi beasiswa Mitsui Bussan dan berhasil menjadi salah satu penerimanya. Kala itu, hanya dua orang yang berhasil menerima beasiswa tersebut.

Setelah dinyatakan lulus seleksi beasiswa penuh, dia berangkat ke Jepang dan berkuliah di Waseda University dengan jurusan Matematika Terapan. Pada tahun 2022, Jerome lulus dari Waseda University dengan nilai yang sangat bagus.

Sukses Sebagai Content Creator

Saat kuliah di Jepang, Jerome Polin membuat kanal Youtube yang diberi nama Nihongo Mantappu. Arti dari Nihongo adalah Bahasa Jepang. Mantappu berasal dari kata mantap. Video awalnya berisi tentang perjuangannya meraih beasiswa Mitsui Bussan. Lalu, dia membuat konten bersama temannya yang bernama Kevin Sendouw. Mereka sering membuat video tentang belajar Bahasa Jepang.

Saat belajar di kelas bahasa, Jerome Polin memperoleh teman baru, namanya Tomohiro. Setelah berkenalan dengan Tomo, Jerome membuat video bersamanya tentang campus tour. Selain Tomo, Jerome Polin juga bertemu dan akhirnya berteman dengan Yusuke Sakazaki dan Ryoma Otsuka. Kemudian, mereka berempat membuat video bersama dan akhirnya dikenal dengan nama Waseda Boys. 

Jerome Polin dan ketiga temannya sering membuat konten tentang kuliner dan jalan-jalan ke luar negeri. Mereka sempat mengadakan world trip ke beberapa negara. Banyak orang tertarik untuk menonton videonya karena menarik dan menyenangkan. Sehingga, tak heran videonya telah ditonton oleh banyak orang dan kanal Youtube-nya telah meraih jutaan subscriber.

Namun, baru-baru ini Waseda Boys memutuskan untuk fokus meraih impian mereka masing-masing. Tomohiro berjuang meraih mimpinya menjadi pilot. Jerome tetap aktif membuat konten dan menjalankan usaha yang dimilikinya. Yusuke memutuskan untuk mengeksplor banyak hal. Sedangkan, Otsuka memutuskan untuk bekerja sebagai karyawan di perusahaan Jepang. Akhirnya, dalam acara WanderLand diselenggarakan tahun ini, Waseda Boys resmi melakukan perpisahan dengan Jerome.

Saat ini, kanal Youtube Jerome Polin terus berkembang dan sudah berhasil mendapatkan Diamond Play Button. Jerome Polin senang membuat konten Battle Matematika, Battle Pengetahuan Umum, dan masih banyak lagi. Sampai sekarang, dia masih aktif membuat konten dan melakukan kolaborasi dengan content creator lainnya. Dia pernah melakukan kolaborasi dengan Jessica Jane, Hitomi, Erika Ebisawa, Raditya Dika, dan lain-lain. Contoh konten yang dibuatnya baru-baru ini adalah konten berkunjung ke sekolah-sekolah, konten kuliner, dan masih banyak lagi.

Mendirikan Mantappu Corp

Selain aktif membuat konten, dia dan kakaknya yang bernama Jehian juga mendirikan bisnis minuman yang diberi nama Menantea dan perusahaan talent management yang diberi nama Mantappu Corp. Di perusahaan talent management ini, dia menjabat sebagai co-founder. Baru-baru ini, dia juga mendirikan Mantappu Academy sebagai bentuk kontribusinya dalam dunia pendidikan.

Berbagi Pengalaman Lewat Buku 

Pada tahun 2019, Jerome Polin juga menulis buku Mantappu Jiwa yang berisi tentang pengalaman hidupnya. Dalam buku ini, dia juga menyisipkan kata-kata yang memotivasi anak-anak muda yang memiliki keinginan untuk menguasai pelajaran Matematika. 

Buku ini memiliki tampilan yang lucu dan menarik secara visual. Berkat buku ini, Jerome Polin berhasil meraih IKAPI Awards 2020 untuk kategori Rookie of The Years. Pada tahun 2022, bersama Waseda Boys, Jerome Polin kembali menulis buku yang berjudul Waseda Boys.

Baca Juga: Kisah Inspiratif: Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

Meraih Penghargaan Forbes Under 30

Pada tahun 2021, Jerome Polin dan kakaknya memperoleh penghargaan Forbes 30 Under 30 Asia. Dia tidak menyangka bisa terpilih menjadi salah satu peraih penghargaan tersebut. Jerome Polin dan kakaknya mendapat penghargaan yang bergengsi ini karena dianggap sebagai anak muda yang memberikan pengaruh yang besar. Tidak hanya itu saja, pada tahun 2023, dia juga meraih penghargaan Fortune Indonesia 40 Under 40.
Itulah kisah Jerome Polin Sijabat, seorang youtuber, content creator, dan pengusaha asal Indonesia. Jika Anda ingin membagikan kisah ini kepada teman-teman yang lain, silahkan klik tombol share. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar yang ingin disampaikan, Anda bisa menulisnya pada kolom komentar.

2 komentar untuk “Kisah Inspiratif: Jerome Polin, Pendiri Mantappu Corp”

  1. Pingback: Kisah Inspiratif: Belva Devara, Pendidikan Merubah Keadaan

  2. Pingback: Kisah Inspiratif: Sandy Kristian Waluyo, Peserta COC yang Genius

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top