15 Quotes Ki Hajar Dewantara, Pelopor Pendidikan di Indonesia

15 Quotes Ki Hajar Dewantara, Pelopor Pendidikan di Indonesia

Tahukah Anda siapa yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional? Anda pasti pernah mendengar nama Ki Hajar Dewantara. Dialah yang mendapat julukan sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Selain julukan ini, dia juga mendapat julukan sebagai Tiga Serangkai bersama dengan Tjipto Mangunkusumo dan Ernest Douwes Dekker.

Dia merupakan pelopor pendidikan di Indonesia. Agar anak-anak pribumi mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan, akhirnya Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa, yaitu sekolah pertama yang menyediakan pendidikan nonformal. Dia merupakan tokoh yang berpengaruh dalam dunia pendidikan. Kali ini, Ruang Penggerak akan membahas biografi dan quotes Ki Hajar Dewantara.

Biografi Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1989 di Pura Paku Alam, Yogyakarta. Dia memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Dia merupakan putra dari GPH Soerjaningrat dan cucu dari Sri Paku Alam III.

Ki Hajar Dewantara pernah bersekolah di STOVIA. Namun, karena kondisi kesehatannya, dia dapat menyelesaikan pendidikannya di STOVIA. Kemudian, dia memulai profesi di bidang jurnalisme dan ikut berkontribusi untuk beberapa majalah dan surat kabar.

Kenal lebih dekat Ki Hajar melalui: Kisah Inspiratif: Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

15 Quotes Ki Hajar Dewantara

Berikut ini adalah kumpulan quotes Ki Hajar Dewantara.

1. Ing Ngarsa Sung Tulada. Ing Madya Mangun Karsa. Tut Wuri Handayani.

Quote yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia pendidikan. Banyak orang sudah pernah mendengar kata-kata ini. Ing ngarsa sung tulada mempunyai arti, yaitu memberi contoh atau teladan di muka dan ing madya mangun karsa mempunyai arti, yaitu di tengah membangun cita-cita. Tut Wuri Handayani memiliki arti mendukung dan mengikutinya. 

2. Orang dengan Kecerdasan Budi Pekerti Selalu Memikir-Mikirkan dan Merasa-Rasakan. Dia Selalu Menggunakan Ukuran, Timbangan, dan Dasar-Dasar yang Bersifat Tetap dan Pasti.

Orang yang berbudi pekerti menunjukkan perilaku yang baik. Karena penting, penerapan budi pekerti harus dilakukan sejak dini. Dalam proses pembelajaran, guru perlu mendampingi murid-muridnya untuk memantau tumbuh kembangnya kecakapan budi pekerti. Hal ini tidak hanya perlu dilakukan oleh guru saja, namun juga oleh orang tuanya.

3. Sungguh Pun Disiplin Itu Bersifat Self Discipline, yaitu Kita Sendiri Mewajibkan dengan Sekeras-Kerasnya.

Disiplin diri artinya mempunyai motivasi internal. Seseorang dengan disiplin diri akan menggali potensi yang dimilikinya. Kemudian, dia akan memakainya untuk menghasilkan sesuatu yang bisa dihargai. Disiplin membantu seseorang mempelajari caranya mengendalikan diri dalam mengambil tindakan.

4. Dalam Berbicara, Seseorang Harus Tetap Berpikiran Jernih Hingga Dapat Mencetuskan Ide-Ide Unggul.

Sering kali, berbicara tanpa berpikir dapat melukai perasaan orang lain. Sehingga, perlu berpikir jernih sebelum berbicara agar tidak menimbulkan masalah.

5. Mempunyai Ketetapan, Tidak Tergoyahkan, Berisi dengan Ilmu Pengetahuan Hingga Yakin dengan Seyakin-Yakinnya Bahwa Apa yang Dilakukannya Adalah Benar dan Baik.

Mempunyai ketetapan berarti memiliki sikap kuat untuk meraih suatu tujuan yang positif dengan tekad yang bulat dan tidak tergoyahkan. Ketetapan berkaitan dengan kemauan yang kuat untuk tetap fokus dan mengatasi rintangan.

6. Guru Jangan Hanya Memberi Pengetahuan yang Perlu dan Baik Saja, Tetapi Harus Juga Mendidik Murid untuk Mencari Sendiri Pengetahuan Itu dan Memakainya.

Ketika mengajar, guru tidak hanya menyampaikan informasi saja, namun juga memotivasi dan membimbing para siswanya. Tugas guru bukan hanya mengajar. Guru juga harus menjadi teladan yang baik, serta mendengarkan dan memahami murid-muridnya.

7. Percaya, Tegas, Penuh Ilmu Sampai Matang Jiwanya, Serta Percaya Diri, Tidak Gampang Takut, dan Tabah Menghadapi Segala Rintangan.

Agar tabah menghadapi rintangan dengan baik, kita perlu memiliki pikiran yang positif. Selain itu, kita harus punya sikap tegas dan berani.

Baca quotes lainnya:

8. Janganlah Orang Mengira Bahwa Dasar Kekeluargaan Itu Mengizinkan Kita Melanggar Peraturan.

Kekeluargaan tidak dapat dan tidak oleh dijadikan sebagai dasar untuk melanggar peraturan. Selama peraturan tersebut memiliki tujuan yang positif, tidak ada salahnya untuk mematuhinya.

9. Apapun yang Dilakukan oleh Seseorang Hendaknya Bisa Bermanfaat.

Sewaktu melakukan sesuatu, seseorang perlu mempertimbangkan apakah tindakannya akan bermanfaat atau tidak bagi diri sendiri dan orang lain.

10. Membaca Adalah Jendela Dunia.

Tidak hanya itu, membaca juga adalah kunci yang membuka pintu-pintu rahasia ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Kita bisa memperoleh pengetahuan dan menambah wawasan dengan membaca buku. Buku disebut sebagai jendela dunia karena buku dapat memberikan banyak pengetahuan..

11. Pendidikan yang Sejati Merupakan Pendidikan yang Mengajarkan Kita untuk Saling Membantu, Menghargai, dan Mencintai.

Pendidikan bukan hanya bertujuan untuk mengisi kepala dengan ilmu pengetahuan, namun juga membentuk perilaku. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa adanya diskriminasi.

Pendidikan bukan hanya soal akademis, tapi juga pengembangan keterampilan, karakter, serta kreativitas. Keterampilan hidup lebih penting dibandingkan dengan sekedar pengetahuan yang bersifat teoritis. Pendidikan tidak hanya soal akumulasi pengetahuan, namun juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

12. Seorang Pemimpin Sejati Merupakan Pemimpin yang Sanggup Memimpin dengan Hati dan Berpijak pada Moralitas yang Benar.

Untuk melihat apakah seseorang adalah pemimpin sejati, Anda bisa mengamati karakternya. Pemimpin sejati memiliki kerendahan hati, daya tahan dalam menghadapi tantangan, dan sebagainya.

13. Sesungguhnya, Hidup Itu Ibarat Sebuah Buku. Orang yang Tidak Pernah Belajar, Dapat Disamakan dengan Buku yang Tidak Pernah Dibaca.

Belajar merupakan proses seumur hidup yang tak pernah berhenti. Belajar dapat dilakukan dengan membaca buku. Karena belajar itu penting, maka belajarlah dengan tekun, semangat, penuh rasa ingin tahu dan bukan hanya untuk memperoleh nilai.

14. Pendidikan Adalah Hak Asasi Manusia yang Harus Diakses oleh Semua Orang Tanpa Pandang Bulu.

Setiap anak mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan yang layak, apa pun latar belakang yang dimilikinya. Masing-masing anak mempunyai potensi yang unik yang perlu ditemukan dan dikembangkan lebih baik lagi.

15. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inspiratif Adalah Tanggung Jawab Bersama Kita.

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab sekolah dan guru. Orang tua juga memiliki tanggung jawab untuk menyediakan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya. Itulah biografi dan quotes Ki Hajar Dewantara yang menarik untuk dibahas. Anda paling suka quotes Ki Hajar Dewantara yang mana? Jika Anda merasa quote-nya menarik, Anda dapat membagikan artikel ini kepada yang lain dengan menekan tombol share. Apabila ada pertanyaan atau komentar, Anda bisa menulisnya di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top