13 Tokoh Ilmuwan Indonesia Yang Menggemparkan Dunia

13 Tokoh Ilmuwan Indonesia Yang Menggemparkan Dunia

Di Indonesia, sebenarnya ada sejumlah ilmuwan dengan penemuan yang telah diakui tidak hanya secara nasional, namun juga secara internasional. Penemuan tersebut membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat. Kemampuan yang dimiliki oleh para ilmuwan juga memberikan manfaat bagi kemajuan teknologi.

Para ilmuwan tersebut telah berhasil menghasilkan karya dan penemuan, seperti pesawat terbang, bahan anti panas dari kulit singkong, dan masih banyak lagi. Melalui artikel ini, kami akan membahas para tokoh ilmuwan Indonesia beserta penemuannya. 

Daftar Tokoh Ilmuwan Indonesia yang Penemuannya Mendunia

Berikut para tokoh ilmuwan Indonesia yang temuannya diakui dunia.

1. Muhammad Nurhuda

Muhammad Nurhuda adalah dosen yang mengajar di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Pada tahun 2008 sampai 2011, Muhammad Nurhuda melakukan penelitian mengenai Pengembangan Kompor Biomassa Hemat Energi dan Ramah Lingkungan. Dia berhasil menemukan kompor yang ramah lingkungan.

Selain itu, dia juga membuat Rancangan Bangun Pilot Plan Gasifikasi Sampah Menjadi Syngas yang menghasilkan limbah di bawah batas minimum dari ketetapan WHO. Hasil penemuannya bahkan menarik perhatian negara-negara di wilayah Asia Pasifik dan Amerika.

2. BJ Habibie

Anda pasti sudah pernah mendengar nama BJ Habibie. Dia lahir di Parepare pada tahun 1936. Semasa kecil, dia kerap dipanggil dengan nama Rudy. Dia adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Ayahnya merupakan seorang insinyur pertanian. 

Bapak Teknologi ini merupakan lulusan dari Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen Jerman. Dia telah menghasilkan karya yang mendunia. Sebagian besar karyanya adalah karya di bidang fisika dan penerbangan. Salah satunya adalah pesawat N-250 Gatotkaca yang pertama kali diterbangkan pada tahun 1995. 

Selain itu, dia juga menciptakan teori yang berguna untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat. Teori ini disebut Teori Crack Propagation. Dia juga berhasil meringankan bobot pesawat kosong sampai sepuluh persen daripada bobot sebelumnya.

3. Yogi Ahmad Erlangga

Sebagai seorang matematikawan, Yogi Ahmad Erlangga berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz dengan memakai matematika numerik secara cepat. Penemuan tersebut membuat proses penyelesaian data seismik menjadi lebih cepat. Hal ini memberikan manfaat bagi perusahaan minyak bumi. Berkat penemuan ini, para engineer minyak dapat menyelesaikan berbagai data dengan akurat dan cepat.

Berkat penemuannya, Yogi Ahmad Erlangga memperoleh penghargaan Achmad Bakrie sebagai ilmuwan muda yang berprestasi. Selain itu, dia juga menjadi doktor matematika termuda ketika mengenyam pendidikan di Delft University of Technology.

Baca kisah inspiratif lainnya:

4. Tjokorda Raka Sukawati

Tjokorda Raka Sukawati adalah lulusan pendidikan teknik sipil dari ITB. Insinyur asal Indonesia ini ikut berkontribusi dalam bidang konstruksi. Penemuannya adalah Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH) atau konstruksi Sosrobahu.

Konstruksi Sosrobahu merupakan sistem yang memberikan kemudahan dalam pembangunan jalan layang tanpa menyebabkan gangguan terhadap arus lalu lintas, termasuk kemacetan. Sistem ini sudah diaplikasikan dalam pembangunan jembatan di Seattle.

5. RM Sedyatmo

Insinyur sipil ini merupakan lulusan dari ITB. Dalam bidang arsitektur, dia menemukan sistem fondasi cakar ayam. Sesuai dengan namanya, fondasi ini mempunyai kaki seperti unggas dan bentuk seperti akar pohon kelapa.

Nama cakar ayam sendiri memang terinspirasi dari kuatnya daya cengkeram cakar ayam terhadap mangsa. Sistem ini merupakan cara untuk mendirikan bangunan di atas tanah yang tidak stabil. Sistem fondasi ini sudah pernah diterapkan pada landasan pacu pelabuhan udara Soekarno-Hatta.

6. Randall Hartolaksono

Randall Hartolaksono lulus dari SMA Pangudi Luhur Jakarta dan University of London. Penemuannya berupa bahan anti-api dan panas yang dibuat dari kulit singkong. Perusahaan otomotif telah menggunakan temuan ini. Bahkan, Petronas dan Ford telah mengakui penemuan ini.

7. Khoirul Anwar

Khoirul Anwar merupakan lulusan dari Nara Institute of Science and Technology. adalah penemu konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) yang dikenal dengan nama 4G LTE. Konsep ini juga menjadi standar International Telecommunication Union (ITU) dan sudah dipatenkan. Selain konsep ini, Khoirul Anwar juga memiliki hak paten lain, yaitu sistem deteksi ilegal transmitter.

8. Tri Mumpuni

Tri Mumpuni berkontribusi dalam mengembangkan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di wilayah-wilayah terpencil. Di desa-desa terpencil di berbagai pelosok, telah dibangun puluhan PLTMH. Berkat hal tersebut, desa-desa terpencil yang semula gelap dapat menjadi terang.

9. Dr Joe Hin Tjio

Dr Joe Hin Tjio melakukan penelitian mengenai jumlah kromosom di laboratorium Institute of Genetics of Sweden’s University of Lund. Setelah melakukan penelitian, dia berhasil menemukan fakta jumlah kromosom dalam tubuh manusia. Ternyata, di dalam tubuh manusia terdapat 23 pasang atau 46 buah kromosom dengan milyaran DNA.

10. Adi Utarini

Adi Utarini merupakan seorang ilmuwan Sains. Dia memimpin uji coba teknologi yang membantu pemberantasan demam berdarah. Hasil penelitiannya berhasil membantu mengurangi kasus demam berdarah di beberapa kota besar di Indonesia.

Temukan motivasimu: 15 Quotes Wira Negara: Antara Cinta dan Patah

11. Nelson Tansu

Awalnya, Nelson mengambil jurusan Fisika pada awal kuliah. Tetapi, ibunya kurang berkenan dengan jurusan yang dipilihnya. Sehingga, sembari melanjutkan pendidikannya di Jurusan Fisika, akhirnya dia juga mengambil Bidang Studi Teknik Elektro.

Setelah menyelesaikan studinya, dia menjadi profesor muda di universitas tempatnya menuntut ilmu. Pada awal tahun 2003, dia menjadi asisten profesor di Universitas Lehigh. Nelson Tansu menemukan penemuan besar yang bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu penemuannya berupa teknologi yang bermanfaat dalam pembuatan lampu LED dan laser. Pemakaian teknologi LED bisa menghemat energi. Dalam dunia pendidikan, Nelson telah menulis dua buku teks yang digunakan oleh mahasiswa S1 di Amerika Serikat.

12. Ricky Elson

Ricky Elson ikut serta dalam pembuatan mobil listrik di Indonesia. Ricky Elson sempat menempuh pendidikan di Jepang dengan mengambil jurusan Teknik Mesin. Bersama dengan timnya, dia berhasil membuat prototipe Mobil Listrik Nasional. Mobil listrik tersebut bernama Gendhis, Tucuxi, dan Selo. Mobil listrik yang ramah lingkungan tersebut sempat dipamerkan di hadapan umum dalam KTT APEC 2013.

Di Dusun Lembur Tengah, Ricky dan timnya mendirikan pusat penelitian untuk pengembangan listrik tenaga angin yang bernama Lentera Angin Nusantara (LAN). Tujuannya agar seluruh rumah di sana menjadi terang saat malam hari.

Selain melakukan penelitian dan pengambangan, dia juga memberikan pembelajaran dan bimbingan kepada anak-anak muda. Pengembangan pembangkit listrik tenaga angin ini memakai bahan seminimal mungkin untuk menghasilkan daya yang semaksimal mungkin.

13. Josaphat Sri Sumantyo

Josaphat Sri Sumantyo merupakan seorang peneliti. Dia telah menciptakan beberapa alat. Contohnya, radar untuk SAR yang dapat tetap terhubung walaupun berada di ruang bawah tanah. Selain itu, dia juga membuat radar satelit yang berfungsi untuk melihat pergerakan bumi dan planet lain, serta radar pesawat tanpa awak yang bisa dikendalikan dari jarak yang jauh.

Sekian pembahasan mengenai para tokoh ilmuwan Indonesia yang temuannya diakui dunia.. Siapakah tokoh yang menurut Anda menghasilkan penemuan yang paling menarik?

Kalau Anda merasa artikel ini informatif, mari tekan tombol share untuk membagikannya kepada teman-teman Anda. Kalau ada pertanyaan atau komentar yang ingin Anda sampaikan, silahkan tulis pada kolom yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan kisah inspiratif ini kepada temanmu

Cari Artikel Lainnya

Rekomendasi Artikel

Scroll to Top